Yamaha Byson, Gaya Kinclong Buat Harian


Kalau sekadar buat ikut contezt, tampilan motor kinclong menjadi biasa. Tapi, kalau buat keperluan harian, itu yang menjadi motivasi Ivan Bonar buat modifikasi Yamaha Byson lansiran 2010 miliknya.

“Selain buat harian, kadang dipakai turing juga. Makanya, modifikasi keseluruhan turut dukung riding position,” sebut Ivan yang tinggal di Cimahi, Jawa Barat. Urusan bikin kinclong, diserahkan ke Rahmat Mulyana Sumantri.

Rahmat atau beken dipanggil Beben ini memadukan dua teknik pewarnaan. Yaitu, krom yang dipadu cat candy tone dan cat model anodize. “Awalnya cuma ingin main di kinclong lewat krom saja. Anodize itu justru karena bodi part tertinggal,” sebut owner Ben’s Airbrush di Jl. M Toha No. 274, Bandung, Jawa Barat.

Beben mau sharing ilmu pengecetan. Pertama kali, seluruh bodi pacuan dipereteli lalu dikrom. Tentunya, pakai teknik krom plastik. Maka itu, doi melempar order krom hingga ke Surabaya, Jawa Timur.

Usai krom dilakukan, dilanjutkan ke pengecatan. Dasar yang krom kembali dilabur pernis. Lalu, dilanjutkan dengan pembuatan detail terlebih dulu. Misalnya, pakai motif lidah api seperti yang terukir di bodi belakang. Atau, motif yang menyerupai lubang-lubang di sarang lebah. Semua itu, dibuat pakai cat biasa.

Setelah detail yang diinginkan dilukis di bodi, airbrusher 36 tahun itu melapisi bagian atasnya pakai cat candy tone warna merah dari DuPont. “Kalau untuk yang warna kuning, pakai Spies Hecker. Kuningnya lebih terang,” sebut Beben.

Terakhir, warna anodize. Ya, seperti di cover tengah itu, lho. Sebenarnya itu bukan anodize murni. Tapi dari cat tipe crystal silver dari Spies Hecker. “Biar makin serupa anodize, pernishnya pakai yang doof,” tutupnya. Keren!
( Ivan Bonar )


Artikel Terkait: