Mengenal Penyakit Malas

Malas(lazy) pastinya sangat akrab dengan keseharian kita. Entah itu hal yang sepele maupun level kelas berat punya. Apa itu sebenarnya malas? Bagaimana malas muncul? Apa dampaknya? Bagaimana mengatasi rasa malas? Pastinya ada perlakuan khusus untuk mengatasi nya ...

Malas dapat dikategorikan sebagai Penyakit Mental. Sedangkan arti dari malas adalah keengganan seseorang untuk melakukan sesuatu yang seharusnya dan sebaiknya dikerjakan. Yang termasuk dalam kategori malas adalah menolak tugas, tidak disiplin, tidak tekun, rasa sungkan, menunda suatu hal, mengalihkan diri dari kewajiban, dsb. Malas juga dapat mengganggu keadaan psikologis seseorang yang mana membuat dirinya tidak dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Malas, mudah dirasakan namun memiliki imbas yang luar biasa merugikan seperti kesuksesan(hasil), karir, hubugan sosial, dsb. Malas juga dapat diartikan sebagai bentuk ketakutan kita untuk mengubah posisi nyaman menjadi tidak nyaman.
Faktor apa yang membuat seseorang menjadi malas ?
-Menurunnya MOTIVASI
Motivasi bisa diartikan sebagai proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seseorang individu untuk mencapai tujuannya. Sangat jelas, bahwa dengan menurunnya motivasi dalam melakukan sesuatu, menjadikan pemicu utama tumbuhnya rasa malas.
-Tidak adanya perasaan urgensi(gawat, harus dilakukan segera)
Sebagai contoh mindset yang salah, apabila terdapat hal bisa dikerjakan dalam waktu 5jam kedepan, untuk apa dilakukan sekarang?
-Faktor Lingkungan
Jangan salah, ternyata malas tidak berdiri sendiri. Melainkan adanya dukungan faktor lingkungan seperti teman kost, teman kantor, dsb. Cara paling ampuh untuk menghindari rasa malas karena lingkungan adalah mengubah kebiasaan bergaul pada rekan, teman, saudara yang rajin, tekun, dan memiliki motivasi tinggi.
-Faktor Orang Tua
Malas juga bisa datang dari didikan orang tua sejak kecil yang salah. Terlalu dimanja, menunda-nunda suatu hal, dan menggampangkan(menyepelekan) adalah sebagai contohnya.

OK saya mengerti sekarang. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa malas ?
Mengatasi rasa malas dapat dikategorikan menjadi 3(tiga) hal yang harus dibuat atau ditetapkan yaitu:
1.Buat Tujuan & Pengembangan Diri
Miliki tujuan yang jelas dan sedetail mungkin agar tetap termotivasi untuk mengejar sesuatu. Dengan terus termotivasi, maka individu tersebut akan terus melakukan hal yang positif(pengembangan diri) untuk mengejar tujuan yang sudah dibuat.
2.Memilah Pergaulan(lingkungan)
Apa artinya bila anda seorang diri memiliki motivasi yang luar biasa kuat, namun lingkungan anda dipenuhi oleh orang pemalas? Percayalah cepat atau lambat anda akan menjadi pemalas karena rasa malas adalah penyakit mental yang menular.
3.Disiplin Diri & Waktu
Buat anda adalah seseorang berhati keras agar motivasi tetap tinggi. Disiplin diri dengan menghindari segala bentuk kegiatan yang berpotensi menimbulkan rasa malas dan tentunya disiplin waktu.
I'm not perfect. Ada kalanya saya kalah dengan rasa malas yang saya buat sendiri. Bagaimana jika tanda-tanda rasa malas muncul? Apa yang harus dilakukan?
1.Membasuh muka atau mandi agar tubuh dan pikiran kembali fresh
2.Mengubah posisi duduk
3.Berpindah ruangan sejenak
4.Menghirup udara segar
5.Berjalan-jalan sejenak
6.Berbincang-bincang sejenak
7.Membuat secangkir kopi, “teh”, ataupun juice
8.Pola makan yang teratur dan vitamin

Dengan begitu, anda akan terhindar penyakit mental yang membahayakan ini. Kuncinya adalah satu, MOTIVASI TINGGI. Tetapkan(declare) ingin menjadi apa anda nantinya? Keuntungan apa yang bisa saya dapatkan? Semoga sukses :)


Artikel Terkait: