Dunia Kerja : Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan pastinya pernah kita lakukan disaat aktifitas jam kerja. Memilah-milah manakah tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu atau malah menumpuk tugas tersebut untuk dikerjakan sekaligus pada suatu waktu. Namun adakalanya sifat menunda pekerjaan menjadi kebiasaan karena berbagai alasan. Menunda Pekerjaan dapat dikategorikan dalam beberapa hal dan bagaimana cara mengatasinya? Penjelasannya adalah sebagai berikut ...
-Psikologis dan Fisiologis
a)Psikologis
Gangguan psikologis muncul, akibat merasa diremehkan oleh perusahaan atau lingkungan kerja.

b)Fisiologis
Biasanya dialami oleh staff/pegawai yang memiliki masalah hiperaktivitas, hipertensi, kelainan hormonal sehingga mempengaruhi proses berpikir dan konsentrasi. Bagaimana tips menghindari kendala fisiologis? Yaitu dengan manajemen waktu dan stress. Hindari menumpuknya tugas terlalu sulit dengan deadline yang singkat. Perbaikan dalam kualitas hidup juga ampuh untuk mengurangi permasalahan ini.

-Manajemen Diri
Biasanya dirasakan oleh mereka yang kesulitan memposisikan tugas mana yang lebih penting(prioritas) dengan tugas yang tidak terlalu penting.

-Meminta Pendapat Orang Lain
Mintalah bantuan rekan kerja untuk menilai performance anda dan mintalah sarannya, apa yang harus segera dilakukan.

-Manajemen Stress
Stress disini dapat disebabkan dalam beberapa hal, yaitu
a)DeadLine
DeadLine yang sempit tentu dapat membuat tingkat stress kita meningkat sehingga mengurangi performa kita untuk menyelesaikan pekerjaan.

b)Frustasi
Frustasi biasa disebabkan karena hasil yang didapatkan kurang baik dan memuaskan.

c)Konflik
Konflik untuk memilah prioritas tugas

d)Lonjakan Tugas
Tugas yang muncul hampir secara bersamaan dapat membuat "kaget" pikiran, sehingga menimbulkan lonjakan stress yang signifikan. Apa yang harus dilakukan? Memilah tugas secara baik agar tingkat stress anda turun.

-Sesuaikan Style Bekerja
Apakah anda termasuk tipe "Maju terus, yang penting hadapi" ataukah anda termasuk dalam tipe membutuhkan refreshing disela-sela pekerjaan? Refreshing sejenak tidaklah masalah, namun yang perlu diperhatikan adalah deadLine anda yang terus berjalan.



Artikel Terkait: